Senin, 24 November 2014

Tempat Wisata Pessel

Tempat Wisata Pesisir Selatan- Sumatera Barat memang sangat elok alamnya, hampir semua wilayahnya menyuguhkan panorama dan pemandangan yang mendecakkan kagum siapapun yang melihatnya. Setelah sebelumnya kita jalan-jalan ke Tempat Wisata Bukittinggi dan Tempat Wisata Agam,Sekarang kita beralih kabupaten pesisir selatan.

Tempat Wisata Pesisir Selatan lagi-lagi menyuguhkan pemandangan yang pasti menyenangkan mata dan menyejukkan hati,kamu juga musti mendatangi semua tempat -tempat ini. kali ini mz bej akan berbagi destinasi  Tempat Wisata Pessel,lansung ajha tengok ya..

1. Kawasan Wisata Mandeh,

Kawasan Wisata Mandeh, Pessel
Ini dia yang orang bilang "Raja Ampat dari Barat" Kawasan Mandeh (Mandeh resort) adalah sebuah kawasan kepulauan, Kawasan itu berbatasan langsung dengan Kota Padang yang jaraknya sekitar 56 kilometer dari Ibu Provinsi Sumatera Barat tersebut. Waktu tempuh sekitar 70 menit dengan menaiki mobil. Luas kawasannya 18.000 hektar. Kawasan ini memiliki keindahan dan pesona alam bahari yang “berlebihan”. Sehingga kawasan ini terkenal ditingkat Nasional bahkan Internasional.
13357085731541418527
Lokasi itu disebut sebagai Kawasan Wisata Mandeh karena salah satu kampung yang ada dikawasan itu bernama Kampung Mandeh, Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang terletak dibagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Teluk itu cukup landai dan tidak berombak karena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil diantaranya, Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil dan Pulau Cubadak.
Gugusan pulau-pulau kecil dengan kekayaan biota laut ini lah yang menjadikan Mandeh “kembaran” dari kawasan Raja Ampat. Adanya teluk yang menjadikan kawasan mandeh memiliki pantai yang landai dan tidak berombak, sehingga cocok untuk wisata menyelam dan snorkeling.
  

2. Pantai Batu Kalang dan Pantai Teluk Sikulo,

Pantai Batu Kalang terletak di Kenagarian Ampang Pulai Kecamatan Koto Xi tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Kawasan ini terkenal dengan pantainya yang indah dan jarak dari kota Padang Sekitar ± 56 Km, dengan lama perjalanan 1 jam. Pantai Batu Kalang berada di sisi Kawasan Mandeh. Objek Wisata Batu Kalang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Pantai Batu Kalang sudah dikenal oleh masyarakat Tarusan. Di pantai ini kita bisa melakukan olah raga, memancing dan bersantai. Pantai Batu Kalang terbagi atas 2 batu kalang, kearah selatan terdapat Batu Kalang Mandeh Gadang ( Besar) dan kearah barat laut terdapat Batu Kalang Mandeh Kecil. Objek wisata Batu Kalang berdekatan dengan pantai Teluk Sikulo yang pantainya pun tak kalah menariknya dengan pantai Batu Kalang . Pantai sikulo berada di ujung dua teluk yaitu ujung teluk lambu dan ujung Teluk balimbing. Panorama keindahan Pantai sikulo semakin nyata dengan adanya dua buah pulau kecilnya terdapat di dua mulut teluk yaitu pulau Nibung dan Pulau Batu Ajung. Melihat potensi yang dimiliki oleh pantai ini, tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa keindahan pantai kawasan ini setara dengan pantai Bali atau Fort Diction di Seremban Malaysia.

3. Air Terjun Bayang Sani, 

Air Terjun Bayang Sani, Pessel
Menurut penduduk sekitar Air terjun Bayang Sani terdiri dari beberapa tingkat, konon ada sekitar lima buah air terjun. Tetapi yang dapat dijangkau hanya sampai pada air terjun tingkat kedua.  Air terjun ini berasal dari hulu Sungai Batang Bayang Sani.Pada air terjun tingkat pertama ini ketinggiannya hampir 80 meter, terdiri dari tiga cabang air terjun yang meliuk-liuk diatas bebatuan cadas tempat air itu mengalir.  Jika dilihat dari kejauhan mirip seperti ekor kuda.  Dibawah air terjun ini ada lubuk yang telah dibuatkan kolamnya untuk tempat mandi-mandi.  Pada tingkat pertama inilah yang paling banyak dikunjungi orang untuk tujuan wisata.Sedangkan pada tingkat kedua adalah sebuah air terjun yang terletak kira-kira 400 meter di atas air terjun  tingkat pertama.  Untuk sampai kesana harus berjalan kaki mendaki bukit yang terletak di samping air terjun  tingkat pertama sejauh lebih kurang 400 meter dan menyusuri perkebunan karet penduduk.Air terjun tingkat kedua ini berdiri tegak dengan ketinggian kira-kira 25 meter.  Air terjunnya hanya satu tidak terbagi seperti air terjun tingkat pertama.  Udara disekitar air terjun tingkat kedua ini agak lembab, karena hampir seluruh lokasi air terjun tertutup oleh dedaunan tumbuhan hutan yang rimbun.  Pada air terjun ini air dilubuknya berwarna kehijauan pertanda dalam, dengan batu-batu besar yang menyembul ke permukaan seperti pulau-pulau ditengah lautan.Karena keindahannya, Air terjun Bayang Sani ini sangat menarik minat bangsa Belanda yang dahulu menjajah Indonesia, untuk menjadikannya sebagai tempat mandi. Sampai bangsa belanda tersebut memberi nama Air Terjun ini dengan nama "Well Come".
- Lokasi : Kampung Koto Baru Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

4. Pantai Muara Bayang, 

Pantai Muara Bayang adalah salah satu objek wisata pantai yang berada diantara pasar baru dan kampong Luhung Kenagarian pasar Baru. Objek wisata ini merupakan pantai panjang yang memiliki pemandangan yang cukup menarik. Muara Bayang terbentuk sebagai hasil pertemuan air asin dengan air tawar, antara lautan dengan Batang Bayang. Kawasan ini cukup ramai didatangi pengunjung terutama untuk melakukan aktivitas memancing dan jalan santai di pinggiran pantai. Jarak Pantai Muara Bayang dari Painan hanya sekitar 12 Km dan dari padang ±67 Km.
- Lokasi : Diantara Pasar Baru dan Kampung Luhung Kanagarian Pasar Baru.

5. Jembatan Akar, 

Jembatan Akar, Pessel
Kalo mau lihat wisata tempat yang unik dan berbeda bisa kamu dapati dengan melihat ini. Jembatan akar adalah jembatan yang terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas aliran Batang Bayang di kecamatan Bayang Utara, kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. 
Dalam bahasa Minang, jembatan yang letaknya sekitar 88 km sebelah selatan kota Padang ini oleh masyarakat dinamakan titian aka.Jembatan ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter dengan ketinggian dari permukaan sungai sekitar 10 meter, mulai dibentuk pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan pada tahun 1916. Dengan kata lain, proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu lebih kurang 26 tahun. Saat ini, kondisinya semakin lama semakin kuat karena semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya. 

6. Kawasan Wisata Pantai Carocok,

Pantai Carocok, Pessel

Nah yang ini adalah icon pariwisata kabupaten Pesisir selatan. Pantai carocok ini Terletak disebelah barat kota Painan, berjarak kira-kira 2 km dari Pasar Painan. Pantai ini Sangat Terkenal di Sumatera Barat Maupun Indonesia, menurut sebagian orang, Pantai Carocok ini tidak kalah dari Pantai Semenanjung Kra di Malaysia atau Pantai Sanur di Bali. 

Dalam kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan ini Juga terdapat sebuah Pulau Batu Karang yang tersambung dengan ujung Bukit Langkisau.Yaitu Pulau Batu Kareta. Dahulu Pulau Batu Kareta dapat dicapai hanya Pada saat air laut Surut, akan tetapi sejak dibangunnya Jembatan oleh Pihak PEMKAB Pesisir Selatan Pulau Batu Kareta ini dapat dicapai kapan saja karna sudah terintegrasi dengan jembatan.- Lokasi : Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

7. Pulau Cingkuak,


Pulau Cingkuak, Pessel
Tidak itu saja sekitar 200 meter Kebarat Pantai carocok ini terletak sebuah pulau kecil yang bersejarah,yaitu Pulau Cingkuak. Dipulau ini dapat kita jumpai bekas-bekas Reruntuhan Benteng Portugis. Menurut Sejarah Pertama kali Portugis menjejakan kakinya di Pesisir Pulau Sumatera adalah di Pulau Cingkuk ini. Di samping benteng Portugis tersebut di pulau ini juga ada sebuah makam orang portugis (MADAME VAN DER KAMPEN) ditandai dengan adanya Prasasti.Pulau kecil yang berpasir putih dan berair sangat bersih serta sangat tenang ini sangat ramai dikunjungi orang untuk berwisata terutama pada saat hari libur.Berbagai kegiatan dapat dilakukan di pulau cingkuk ini mulai dari mandi air laut , Snorkling sampai memancing dapat dilakukan disini.

8. Pantai Sago,


http://www.harianhaluan.com/images/stories/Berita8/231212/pantai.jpg
Pantai Sago, Pessel
Pantai Sago Permai yang teletak di kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan merupakan  sa­lah satu  objek wisata yang ramai dikunjungi oleh berbagai lapisan masyarakat. Keindahan alam pantainya yang tidak kalah dengan objek wisata Pantai  Sanur dan Pantai Kuta yang ada di pulau dewata Bali.

Bedanya pantai Sago  lebih banyak dikunjungi oleh turis domestik yang datang dari berbagai daerah. Meskipun ada turis mancanegara berkunjung ke daerah ini hanya untuk menyak­sikan keindahan alamnya, sedangkan di pantai Kuta Bali para turis dari berbagai belahan dunia datang untuk mandi dan berjemur di bibir pantai.

9. Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun, Painan Pessel

Air Terjun Timbulun Painan atau dengan nama lain Air Terjun Pincuran Tujuh Tingkat memiliki keindahan tersendiri, dimana air terjunnya yang terdiri dari 7 tingkatan memiliki bentuk air terjun dan lubuk yang berbeda-beda.  Air terjun ini hulunya berada di areal Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara ke samudera Indonesia atau di teluk Painan.- Lokasi : Kampung Painan Timur Kenagarian Painan Kabupaten Pesisir Selatan.

10. PULAU CUBADAK,

Pulau Cubadak , Pulau Cubadak – Surga di Sumatera : Pulau Cubadak Sumbar
Pulau Cubadak, Pessel
Pulau Cubadak terletak di Kawasan Wisata Mandeh (Mande Resort), 40 kilometer di sebelah selatan Padang, dan 5 km dari pantai. Luasnya 40 km². Cubadak dapat dicapai dengan kapal dari Pantai Kota Painan Carocok.Cubadak terdiri dari hutan di mana berbagai jenis satwa hidup. Pulau ini hanya didiami beberapa keluarga nelayan dan dikelilingi batu karang. 

Panjang pantainya lebih 1,5 km dan lahan yang dikuasai pengelola Cubadak adalah sekitar tujuh hektar. Jika Mentawai adalah surga para peselancar, maka Cubadak adalah surga para penyelam karena dasar laut yang mengelilingi pulau ini ditumbuhi terumbu-terumbu karang yang indah dan ikan hias warna-warni.

11. Bukit Langkisau

View Bukit Langkisau, Pessel
Anda akan takjub dengan pemandangan keindahan pantai Samudera Indonesia dari atas Bukit Langkisau, Anda dapat melihat Pantai Salido dan Sago yang membujur cantik ke arah utara. Itu hanya baru satu sudut pandang, jika Anda mengalihkan pandangan kearah lain, anda juga dapat melihat ketenangan laut di Teluk Painan. Tidak hanya itu saja dari puncak bukit Langkisau ini anda dapat juga melihat hampir keseluruhan Kota Painan yang tenangBukit langkisau ini juga salah satu tempat olahraga paralayang yang indah di Indonesia. Tidak sedikit atlet-atlet nasional dan internasional pernah mencoba tempat ini. Bahkan Bukit Langkisau ini sering dijadikan untuk tempat penyelenggaraan kejuaraan paralayang tingkat nasional maupun internasional.

Nah itulah beberapa Tempat Wisata Pessel yang mz bej rekomendasikan buat kamu mengisi liburan akhir tahun nanti. Atau kamu bisa coba pilihan wisata sumbar Tempat Wisata Agam dan Tempat Wisata Bukittinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar